Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Laptop yang Lemot alias lelet

       Seiring dengan kebutuhan pengguna komputer, banyak orang meninggalkan PC dan mulai beralih ke laptop. Jaka sangat yakin alasannya karena laptop cenderung tergolong lebih praktis.
Meski laptop lebih praktis, nggak dapat dipungkiri yang namanya lemot tetap bisa terjadi seperti halnya di PC.
Supaya laptop kamu tetap ngebut, yuk simak penyebab dan cara mengatasi laptop lemot yang mudah berikut ini!

Apa Sih yang Jadi Penyebab Laptop Lemot?

       Ada beberapa faktor kenapa laptop lemot ataupun PC kamu menjadi lambat. Nah, sebelum kasih tahu cara bikin laptop kamu cepat lagi, Jaka akan ngasih tahu dulu nih geng apa aja penyebabnya.
Dengan tahu akar permasalahannya, kamu bisa melakukan pencegahan supaya di masa depan laptopmu enggak lagi lelet geng!

1. Terlalu Banyak Startup Programs

cara-mengatasi-laptop-lemot-1
Beberapa aplikasi akan berjalan di background secara otomatis ketika kamu mulai menyalakan laptop kamu. Semakin banyak aplikasi yang berjalan otomatis ketika booting, maka akan semakin lambat laptopmu.

2. Usia Harddisk yang Sudah Terlalu Tua

cara-mengatasi-laptop-lemot-2
Harddisk memang memiliki keterbatasan usia. Jika sudah terlalu lama dipakai, maka hal tersebut juga akan mempengaruhi performa laptop secara keseluruhan.

Penyebab Laptop Lemot Lainnya...

3. Harddisk Penuh Hingga 95%

cara-mengatasi-laptop-lemot-3
Banyaknya data pada laptopmu juga memiliki andil dalam lambatnya laptopmu. Ada seorang pakar yang mengatakan bahwa harddisk yang penuh hingga 95% akan memperlambat komputer hingga 50%.

4. Browser yang Terlalu Banyak Add-ons

cara-mengatasi-laptop-lemot-4
Mungkin kamu, secara sadar maupun tidak sadar, sering menambahkan add-ons ke dalam browser-mu. Telitilah sebelum memasang add-ons karena beberapa di antara mereka berpotensi untuk memperlambat laptopmu.

5. Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi Dalam Satu Waktu

cara-mengatasi-laptop-lemot-5
Seringkali, kita membuka begitu banyak aplikasi dalam satu waktu. Istilahnya, multi-tasking. Meskipun kita menggunakan komputer untuk tujuan ini, ingatlah bahwa komputer juga memiliki keterbatasan RAM.

6. Terlalu Banyak Browser Tabs yang Dibuka

cara-mengatasi-laptop-lemot-6
Percaya tidak percaya, membuka tab terlalu banyak di browser juga menguras RAM laptopmu lo geng. Apalagi kalau situs yang sedang kamu buka memiliki fitur auto-refreshing.

7. Komputermu Terkena Virus

cara-mengatasi-laptop-lemot-7
Kita semua tahu yang namanya virus komputer bisa memperlambat bahkan merusak komputer kita. Oleh karena itu, waspadalah ketika hendak menerima file, baik secara online maupun offline.

8. Antivirus yang Terlalu Aktif

cara-mengatasi-laptop-lemot-8
Bagaimana cara mengatasi virus? Jelas instal aplikasi antivirus. Akan tetapi, antivirus yang terlalu aktif juga akan membuat komputermu lambat karena berjalan di background. Kamu bisa jadwalkan di waktu-waktu tertentu untuk melakukan scanning rutin.

9. RAM yang Kecil

cara-mengatasi-laptop-lemot-9
Besarnya RAM yang kamu miliki juga menjadi salah satu faktor penting cepat lambatnya komputermu. Jika memungkinkan, cobalah ganti RAM-mu yang lama dengan RAM yang lebih besar.

10. Jarang Melakukan Update OS

Windows maupun MacOS secara rutin akan memperbarui sistem operasi mereka untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Jika kamu jarang melakukan update, bisa jadi laptopmu terkena dampaknya dengan menjadi lambat.

Kumpulan Cara Mengatasi Laptop Lemot & Sering Hang

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Enggak perlu bingung karena Jaka sudah menuliskan cara agar laptop tidak lemot selengkapnya di bawah ini!

1. Mengganti Hard Disk Dengan SSD

cara-mengatasi-laptop-lemot-a
Salah satu hal yang membuat laptop lambat, yaitu karena kecepatan data dari hard disk ke prosesor lambat. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu mengganti hard disk ke SSD.
Sudah banyak yang membuktikan, hasilnya prosess booting jauh lebih cepat dan laptop lebih rensponsif.

2. Melakukan Upgrade RAM

cara-mengatasi-laptop-lemot-b
Umumnya saat membeli laptop, masih banyak yang dibekali dengan RAM 4GB atau bahkan 2GB. Sementara kalau melihat kebutuhan software-software saat ini, kamu butuh RAM sebesar 8GB.
Untuk itu cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan melakukan upgrade RAM minimal ke 8GB.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Lainnya...

3. Melakukan Perawatan Hardware Rutin

cara-mengatasi-laptop-lemot-c
Sangat banyak orang yang melupakan hal ini. Ternyata agar bisa tetap ngebut, laptop perlu dilakukan perawatan. Setidaknya kamu harus melakukan ini minimal setahun sekali.
Lakukan pembersihan mulai dari kipas, motherboard, hingga penggantian thermal paste.

4. Reset Atau Install Ulang Windows Bila Sudah Parah

cara-mengatasi-laptop-lemot-d
Salah satu penyebab laptop lemot, yaitu karena sistem Windows yang sudah error. Ini dikarenakan pemakaian software yang tidak optimal atau tidak sebagai mana mestinya.
Bila sudah terlalu parah lemotnya, maka reset atau install ulang Windows bisa jadi cara mengatasi laptop lemot.

5. Memakai Sistem Operasi Yang Ringan

cara-mengatasi-laptop-lemot-e
Salah satu yang sangat menentukan performa laptop, yaitu sistem operasi yang dipakai. Windows memang sangat produktif, tapi terus terang tergolong berat.
Kalau laptop kamu punya spesifikasi pas-pasan, sebaiknya beralih ke Linux seperti Endless OS.

6. Rutin Melakukan Full Scan Dengan Antivirus

cara-mengatasi-laptop-lemot-f
Hal paling umum yang menyebabkan laptop lambat, yaitu karena virus. Virus membuat laptop bekerja ekstra, sehingga saat kamu butuh laptop jadi terasa lambat.
Jadi cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah rutin melakukan full scan dengan antivirus.

7. Uninstall Terhadap Software Yang Tidak Perlu

cara-mengatasi-laptop-lemot-g
Saat memakai laptop, Jaka yakin teman-teman akan install banyak software. Dan kenyataannya, banyak dari software tersebut sebenarnya nggak teman-teman pakai.
Untuk itu agar laptop bisa berjalan optimal, lakukan uninstall terhadap software-software yang tidak terpakai tersebut.

8. Memakai Software Versi Lama

cara-mengatasi-laptop-lemot-h
Jaka akui semakin update sebuah software di laptop, maka umumnya fiturnya akan semakin banyak. Tapi perlu kamu ingat, fitur tersebut belum tentu pasti kamu pakai.
Yang pasti, yaitu software tersebut semakin berat. Untuk itu, menginstall software versi lama bisa menjadi solusi untuk laptop lemot.

9. Pakai Software Untuk Mempercepat Kinerja

cara-mengatasi-laptop-lemot-i
Seperti Jaka bilang sebelum ini, karena pemakai yang tidak optimal bisa menyebabkan Windows lambat. Untuk itu agar pemakaian kamu optimal, kamu bisa menginstall software-software untuk mendukung kinerja sebagai cara mengatasi laptop lemot.

terima kasih..salam super

Post a Comment for "Mengatasi Laptop yang Lemot alias lelet"